Jumat, 21 November 2014

Galaksi Cluster Pandora Ditangkap olehTeleskop Hubble

Sekitar 6 galaksi yang diabadikan fotonya oleh teleskop Hubble dengan ukuran seperti Bima Sakti. Mereka bertemu selama 6 miliar tahun. Jarak galaksi tersebut berada 4 miliar tahun dari Bumi.

Posisi sejumlah Bintang yang ada di galaksi seakan dirobek karena gravitasi galaksi  yang saling bertabrakan. Terletak di gugus Abell 2744 atau dijuluki Cluster Pandora, terdapat sekitar 500 galaksi.  Bintang yang ada teimukan terpisah dari galaksi induknya, karena terseret oleh galaksi lain.

Nasa menyebut sebagai Ghost Light atau cahaya hantu dari kumpulan bintang yang mati. Diabadikan pada 30 Oktober 2014 lalu.Entah galaksi yang mana saja yang bertabrakan pada gambar diatas. Diperkirakan jumlahnya 20 miliar bintang yang terbuang memberi 10% konstribusi
cahaya. Nasa menyebut bintang disana adalah bintang generasi kedua atau ketiga, yang unsurnya didapat dari bintang generasi pertama.

Hanya terlihat cahaya berwarna biru sebagai cahaya bintang yang menyebar berasal dari kumpulan bintang yang terlempar dari induk galaksi. Peneliti mengatakan hal ini bisa terjadi bila satu kelompok galaksi saling berdekatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar