Jumat, 21 November 2014

Bentuk Galaksi Bima Sakti Sebelumnya Seperti Apa

Seperti apa sih galaksi Bimasakti sebelum seperti sekarang ini. Bicara galaksi loh, bukan bicara planet , komet atau asteroid. Nasa membuat 2 perbandingan gambar yang di dapat dari sebuah galaksi yang sangat jauh yaitu galaksi M33. Bentuk galaksinya mirip dengan bentuk spiral,  bisa dijadikan perbandingan dengan galaksi kita sekarang.

Masyarakat kuno menyebut Milk atau River dan jalur. Karena terlihat seperti jalur diatas langit. Tapi barisan cahaya tersebut adalah pusat galaksi kita. Bila melihat dari atas, ada tonjolan di tengah galaksi dalam bentuk 4 lengan berbentuk spiral.  Bentuk spiral galaksi Bima Sakti tidak persis sama. Ada 2 lengan utama yang besar, 2 lebih kecil. Satu lengan galaksi disebut Orion Arm. Dimana posisi tersebut bumi dan tata surya berada. Posisi lengan Orion Arm berada di tengah lengan utama yaitu Perseus dan Sagitarius.

Galaksi Bima Sakti diperkirakan memiliki bentuk spiral dan pipih seperti piring. Ukuran galaksi Bima Sakti
memiliki bentangan sekitar 100 ribu tahun cahaya. Bayangkan sebuah piring yang sangat besar, satu orang berada di tepi sebuah piring dan kita berada di tepi yang berseberangan. Bila dia menyalakan lampu cahaya dari tepi galaksi, cahaya lampu baru terlihat ke tepi lainnya  setelah 100.000 tahun lagi. Galaksi Bimasakti memang luas, walau bukan galaksi terbesar.

Bagaimana pembentukan sebuah galaksi. Dibawah ini, dari gambar pertama adalah bentuk galaksi Bimasakti yang sekarang. Banyak fotographer mengabadikan tampilan galaksi seperti ini. Sudah berbentuk garis dan muncul cahaya.
Gambar kedua ada rekaan ketika galaksi Bimasakti masih mudah, mundur waktunya ke jaman dahulu sekitar 11 mmiliar tahun lalu. Ketika sebuah galaksi mulai membentuk. Jumlah bintang masih sedikit terbentuk.
Mengapa galaksi Bimaksakti lebih terang bila diambil gambarnya. sedangkan rekaan waktu lahir malah lebih gelap.
Galaksi yang sudah matang seperti Bimasakti, akan membentuk garis tebal. Karena garis dibentuk dari jutaan bintang yang menyala.

Sebuah galaksi ketika masih muda, baru memulai terbentuk bintang tapi jumlahnya masih sedikit. Sehingga sebuah galaksi mudah masih terlihat redup dan bentuk bintangnya lebih kecil. Bintang muda yang baru saja bersinar tampak berwarna putih dan terkumpulnya nebula (gas raksasa) berwarna merah muda disekitar galaksi.

Menurut Nasa, dimulai dari pembentukan jutaan bintang di sebuah galaksi. Setiap tahun akan muncul bintang muda. Diperkirakan 15 bintang terbentuk dalam waktu 1 tahun. Ketika galaksi mulai tua, mungkin hanya 1 bintang saja yang terbentuk setiap tahun. Walau angkanya hanya 15 pertahun, sebuah galaksi melakukan evolusi bentuknya dengan jutaan bintang, karena waktu terus berjalan dan semakin banyak bintang baru muncul.

Nasa memberikan gambaran dari beberapa galaksi yang berhasil ditangkap. Dan dibandingkan dari tahun sekarang sampai 11 milyar tahun lalu. Bentuknya berubah dari rata rata berwarna kuning dan besar, semakin jauh diamati maka ukuran galaksi akan terlihat lebih kecil

Gambar sisi kiri adalah bentuk galaksi yang baru terbentu, semakin ke kanan maka umur galaksi semakin tua dan matang.
Kira kira seperti bentuk diatas ketika galaksi Bimasakti mulai lahir dan membentuk banyak bintang seperti sekarang ini. Jutaan bintang seperti Matahari, dan miliaran planet ada di galaksi kita sendiri. Sedemikan luasnya sebuah galaksi tetapi memerlukan waktu begitu lama sampai terbentuk seperti sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar