Minggu, 20 Februari 2011

BIMA SAKTI:Perkiraan 50milyar Exoplanets Dihuni Alien

Milky-way-core
Bagaimana tentang  perkiraan astronomi tsb? Setidaknya ada 50 miliar exoplanets di galaksi kita. Apa lagi, para astronom memperkirakan bahwa 500 juta dari dunia asing mungkin duduk di dalam zona habitasi bintang induknya.
Jadi berapa banyak dari exoplanets yang memiliki kehidupan? Sayangnya, tidak ada perkiraan untuk pertanyaan itu. Pengumuman ini dibuat pada hari Sabtu oleh ilmu pengetahuan Kepala Kepler William Borucki di Asosiasi Amerika untuk Kemajuan Ilmu di Washington DC Namun, Kepler tidak benar-benar menghitung 50 miliar exoplanets, jumlah ini berasal dari ekstrapolasi dari data yang diambil sejauh ini oleh planet ekstrasurya yang diambil teleskop.

exoplanets

Sebagai contoh, ketika Kepler telah menemukan calon planet sejauh 1.235 - 53 yang orbit bintang di zona layak huni mereka - mengetahui kira-kira berapa banyak bintang ada di galaksi kita (ada diperkirakan sekitar 300 miliar bintang di Bima Sakti).
The Age of Exoplanet Kepler hanya belajar 1/400th dari langit, dan hanya dapat mendeteksi exoplanets yang lewat atau "transit"di bintang induknya. Juga, perlu lebih banyak waktu untuk mendeteksi exoplanets yang mengorbit jauh dari bintang-bintang mereka.
Mengambil semua faktor-faktor ini berarti bahwa perkiraan yang lebih rendah dapat dibuat. Ada kemungkin lebih dari 50 miliar exoplanets.

Borucki menjelaskan:
Membuat perkiraan ini adalah tugas yang relatif sederhana, tidak begitu sederhana bila memperkirakan berapa banyak dari dunia ini mungkin menjadi tuan rumah untuk hidup. Seperti kita ketahui bahwa hanya satu planet di Bima Sakti yang memiliki kehidupan di atasnya (bumi), tidak ada yang bisa menebak statistik perkiraan berapa jumlah makhluk asing yang di luar sana?.
Membuat perkiraan mungkin terdengar sepele, tapi itu tidak menempatkan pencarian ET ke dalam perspektif. Ada sedikitnya 50 miliar dunia, yang telah membantu perkembangan pembangunan lifeforms dasar?
Jika ada ras alien ruang-faring  di luar sana, "adalah pertanyaan berikutnya mengapa mereka tidak mengunjungi kami?" Borucki bertanya. Dia menjawab: "Saya tidak tahu."
Aku ingin tahu apakah kita akan pernah tahu.??


source:news discovery

6 komentar:

  1. mmm mnurutku alien itu g ada !
    Karna agama g memberi tahu,kan allah yg menciptakan alam semesta tp allah tak menyebutkan adannya makhluk lain selain di bumi.

    Sekalian mo tannya,aku manggil anda kakak aja ya.
    Gini dah brapa lama blog ini terbuat ?
    Thanq

    BalasHapus
  2. 100% sangat setuju...kalau Alien itu TIDAK ada!!!

    umur blog ini sekitar 1minggu..
    thx

    BalasHapus
  3. belum ada bukti yang benar2 kuat akan keberadaan alien. jadi secara rasio sampai saat ini bisa dikatakan alien tidak ada.
    alasan lain, sepanjang yang saya ketahui, satu2 planet yang mempunyai keseimbangan sempurna dan teratur agar bisa menjadi tempat hidup makhluk hidup adalah planet bumi. konsekwensinya, diluar bumi tidak ada kehidupan (kecuali astronot dari bumi) hihi...

    BalasHapus
  4. wah saya iri,baru seminggu tapi artikelnya banyak sekali.g da waktu kosong ya kak ?.

    mo tanya,masang tempat orang beriklan tu gmana ya,maka aku tanya ktanya klo adsense itu blog harus berumur min 6 bulan ?tu kok ada space tempat beriklan,sementara blog ini baru seminggu,kasih tau donk,kakak baik ?
    klo ga kirim ke email ku aja
    1.akaer.khairul@gmail.com
    2.akaerxx_rizal@yahoo.co.id
    thanx bales ya .

    BalasHapus
  5. terus bagaimana dengan pernyataan " sesungguhnya kehidupan itu meliputi langit dan bumi "

    BalasHapus
  6. Yg mengaku beragama Islam tapi gak percaya kehidupan luar angkasa (langit) silakan belajar yg baik dan pahami isi Al Qur'an dengan benar..

    BalasHapus